Tuesday 15 May 2012

Ulangan harian 1


Soal

1.    Sebutkan pengertian Teknologi Informasi dan Komunikasi yang kamu ketahui!
2.    Sebutkan dan jelaskan 3 macam peralatan teknologi informasi dan komunikai modern yang kamu ketahui!
3.    Sebutkan operator seluler yang mendominasi jaringan GSM dan CDMA di Indonesia!
4.    Sebutkan dan jelaskan macam-macam komputer berdasarkan:
*      Kemampuan kerjanya.
*      Kapasitas pengolah datanya.
*      Jenis data yang diolahnya. c.
5.    Sebutkan  dan  jelaskan  5  macam  dampak  negatif  dari  penggunaan  TIK  dalam  kehidupan sehari-hari!
6.    Sebutkan 5 produk sistem operasi lokal yang beredar di masyarakat!
7.     Jelaskan perbedaan antara KDE dengan Gnome!
8.    Sebutkan  langkah-langkah  yang  harus  dilakukan  untuk  membuat  folder  dengan  nama Download!
9.     Jelaskan perbedaan antara Hibernate dengan Suspend!
10. Sebutkan bagian-bagian dari X-Window yang saling bekerja sama untuk menampilkan GUI!
11. Sebutkan dan jelaskan kegunaan alat-alat teknologi informasi dan komunikasi dalam dunia:
*       pendidikan
*      pemerintahan
12. Sebutkan berbagai keuntungan yang diperoleh dari penggunaan alat-alat teknologi informasi dan komunikasi!
13. Sebutkan  3  dapak  negatif  dari  penggunaan  alat-alat  teknologi  informasi  dan  komunikasi disertai penjelasan bagaimana cara mengatasinya!
14.  Jelaskan apa yang dimaksud dengan ROM-BIOS!
15.  Sebutkan jenis tampilan kalkulator yang disediakan oleh sistem operasi Linux!
16.  Sebutkan 4 theme yang disediakan oleh Linux Ubuntu!
17.  Sebutkan 4 jenis alat storage yang digunakan untuk menyimpan file!
18.  Sebutkan 5 ekstensi file video yang biasa dijalankan oleh komputer!
19.  Jelaskan bagaimana proses mengganti nama folder!
20. Jelaskan bagaimana proses menyimpan file di dalam program Text Editor!



Jawaban
1.    Pengertian Teknologi Informasi dan Komunikasi
-      Teknologi Informasi dan Komunikasi adalah ilmu yang mempelajari teknologi yang dapat membantu mengelola informasi dan membantu komunikasi.
-      payung besar terminologi yang mencakup seluruh peralatan teknis untuk memproses dan menyampaikan informasi.
-      Teknologi infomasi adalah teknologi yang meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan sebagai alat bantu, manipulasi, dan pengelolaan informasi.
-Teknologi komunikasi adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk memproses dan mentransfer data dari perangkat yang satu ke lainnya.
-Teknologi Informasi dan Komunikasi adalah segala sesuatu yang termasuk dalam bagian teknologi yang membantu komunikasi dan informasi antar manusia.
-      Semua teknologi yang berhubungan dengan pengambilan, pengumpulan, pengolahan, penyimpanan, dan penyajian informasi.
-      Suatu teknologi yang digunakan untuk mengolah, memproses, menyusun, menyimpan, memanipulasi data dalam berbagai cara untuk menghasilkan informasi yang berkualitas.
-      suatu padanan yang tidak terpisahkan yang mengandung pengertian luas tentang  segala kegiatan  yang terkait dengan pemrosesan, manipulasi, pengelolaan, dan transfer/pemindahan informasi antar media
-      hasil rekayasa manusia terhadap penyampaian informasi dari bagian pengirim ke penerima sehingga terjadi proses komunikasi dan pengiriman informasi tersebut akan lebih cepat, lebih luas penyebarannya, serta lebih lama penyimpanannya. (http://www.balinter.net
-      informasi adalah kumpulan data yang saling terkait dan telah diproses secara kompleks. Komunikasi adalah proses penyampaian informasi berupa pesan, ide, atau gagasan dari satu pihak ke pihak lain.
Teknologi informasi dan komunikasi adalah teknologi sangat berperan dalam bidang informasi yang menimbulkan adanya konikasi antar manusia. (Buku Teknologi Informasi dan Komunikasi kelas VII Reynold)


2.    3 macam macam peralatan teknologi informasi dan komunikai modern
1.    Handphone
Handphone adalah sebuah perangkat telekomunikasi elektronik yang mempunyai kemampuan dasar yang sama dengan telepon fixed line sehingga konvesional namun dapat dibawa keman-mana ( portable ) dan tidak perlu disambungkan dengan jaringan telepon menggunakan kabel ( nirkabel, wireless ). Handphone merupakan alat komunikasi modern yang membantu mempermudah komunikasi antar manusia. (http://sharingkuliahku.wordpress.com)

2.    Televisi
Televisi adalah sebuah media telekomunikasi terkenal yang berfungsi sebagai penerima siaran gambar bergerak beserta suara. alat komunikasi jarak jauh yang menggunakan media visual/penglihatan. (wikipedia)

3.     Laptop
Laptop atau komputer jinjing adalah komputer bergerak yang berukuran relatif kecil dan ringan, beratnya berkisar dari 1-6 kg, tergantung ukuran, bahan, dan spesifikasi laptop tersebut serta dapat dibawa kemana-mana dan sumberdayanya berasal dari baterai bukan seperti computer yang perlu menggunakan kabel. Laptop memudahkan kita dalam berkomunikasi dan memperoleh informasi. Dengan laptop, kita bisa browsing di internet kapanpun dan dimanapun kita berada. (wikipedia)


3.    – Jaringan GSM
*Telkomsel
* Indosat
* XL
* Axis
* 3


-Jaringan CDMA
* Esia
* Flexi
* Smart
* Fren


4.    Macam-macam computer


*      berdasarkan jenis data yang diolah :
a. komputer analog : digunakan untuk mengolah data kualitatif berdasarkan input dari keadaan lingkungan yang nyata, bekerja secara kontinu dan paralel.
b. komputer digital : digunakan untuk mengolah data kuntitatif
c. komputer hibrid merupakan kombinasi antara komputer digital dan analog. 


*      Berdasarkan kapasitas pengolah datanya
 a. Mainframe merupakan komputer yang memiliki ratusan/ribuan unit processor sehinng kemampuannya sangat besar.mainframe dapat membagi memorinya untuk beberapa pemakai (multiuser) dan dapat menggunakan progam yang berbeda pada saat yang sama (multitasking)
   b. Minicomputer merupakanbentuk mini dari mainframe yang memiliki puluhan unit processor. dan umumnya digunakan sebagai antarmuka antara mainframe dan jaringan komputer.
c. Personal Computer (PC) adalah komputer yang berukuran relatif kecil dan ditujukan untuk satu pemakai (singleuser)
   PC dapat berbentu tower atau desktop
- Tower (menara) merupakan komputer yang memiliki cassing diletakkan denagn posisi berdiri (vertikal)
- Desktop merupakan komputer yang memiliki casing yang di letakkan posisi horizontal
d. Komputer Portabel adalah komputer yang berukuran lebih kecil daripada PC. contohnya adalah desknote, notebook, subnotebook, palmtop.
*      Berdasarkan kemampuan kerjanya
  Server Platform: Server platform adalah perangkat keras komputer atau perangkat lunak komputer dasar untuk sistem yang bertindak sebagai mesin yang menggerakkan server. Hal ini sering digunakan secara sinonim dengan sebuah sistem operasi komputer.
  Server Application: Juga dikenal sebagai jenis middleware, ia menempati sejumlah besar wilayah komputasi antara server database dan pengguna akhir, dan umumnya digunakan untuk menghubungkan keduanya.
  Server Audio / Video : Menyediakan kemampuan multimedia ke situs web dengan membantu pengguna untuk menyiarkan streaming konten multimedia.
  Server Obrolan: Ini berfungsi pengguna untuk pertukaran data dalam lingkungan yang mirip dengan newsgroup internet yang menyediakan kemampuan real-time diskusi.
  Server Fax: Ini adalah salah satu pilihan terbaik untuk organisasi yang mencari sumber daya minimum telepon masuk dan keluar, tetapi perlu dokumen fax yang sebenarnya.
  FTP Server : Ia bekerja di salah satu tertua dari layanan Internet, protokol transfer file. Ini menyediakan transfer file aman antara komputer sambil memastikan keamanan file dan kontrol transfer.
  Groupware Server: Ini adalah software yang dirancang yang memungkinkan pengguna untuk bekerja sama, terlepas dari lokasi, melalui Internet atau intranet perusahaan dan berfungsi bersama-sama dalam suasana virtual.
  IRC Server : Ini adalah pilihan ideal untuk mereka yang mencari kemampuan real-time diskusi. Internet Relay Chat terdiri dari server jaringan yang berbeda yang memungkinkan pengguna untuk saling terhubung melalui jaringan IRC.
  Daftar Server : Menyediakan cara yang lebih baik mengelola milis. Server dapat berupa diskusi interaktif terbuka untuk orang-orang atau daftar satu arah yang memberikan pengumuman, buletin atau iklan.
  Mail Server : Ini transfer dan toko mail melalui jaringan perusahaan melalui LAN, WAN dan di Internet.
  Server Berita: Ini berfungsi sebagai sumber distribusi dan pengiriman untuk banyak kelompok berita umum, didekati melalui jaringan berita USENET.
  Proxy Server : Ini bertindak sebagai mediator antara program klien dan server eksternal untuk menyaring permintaan, meningkatkan kinerja koneksi dan berbagi.
  Telnet Server: Hal ini memungkinkan pengguna untuk log on ke komputer host dan menjalankan tugas sebagai jika mereka bekerja pada komputer remote.
  Server Virtual : Sebuah virtual server adalah seperti sebuah komputer fisik karena berkomitmen untuk permintaan Pelanggan individu, dapat secara individual boot dan menjaga privasi komputer yang terpisah. Pada dasarnya, jarak antara shared dan dedicated (hosting) server berkurang memberikan kebebasan kepada pelanggan lain, dengan biaya kurang. Sekarang, ia telah menjadi mana-mana di pusat data.
  Web Server : Menyediakan konten statis ke web browser dengan memuat file dari disk dan mentransfer melalui jaringan ke web browser pengguna. Pertukaran ini adalah intermediated oleh browser dan server, berkomunikasi menggunakan HTTP. (http://chapila.com)


5.    Dampak negatif teknologi Informasi dan Komunikasi, antara lain :
-Information Anxiety ( Information Overload  ) atau kelebihan informasi yang menyebabkan kita tidak dapat memilah / memfilter / menyaring mana informasi yang penting dan yang tidak penting, dan dapat menyebabkan informasi yang tidak terkontrol dan tidak dapat dipastikan kebenarannya.
-Dehumanization, yaitu hilang / turunnya penghargaan atas seseorang sebagai individu, dan digantikan dengan sederet angka .
-Health Issues ( Issue Kesehatan ), penggunaan BTS dan Elektromagnetis yang dapat mengganggu kesehatan pengguna dan dapat menyebabkan banyak penyakit seperti persendian, kanker dan lain - lain.
-Lost of Privacy ( Hilangnya Prifasi ), karena kegiatan / aktifitas dapat tersadap bahkan dari penggunaan kartu kredit sekarang ini dapat diketahui segala sesuatu tentang pribadi seseorang. Bahkan dengan pemasangan chip yang sedemikian kecilnya hingga seukuran sebutir beras yang mulai diterapkan untuk dipasang / ditanam dalam tubuh manusia akan membuat atau menjadikan manusia - manusia yang transparant.
-Cookies ( Informasi Digital dari Internet ), informasi yang ditinggal / tertinggal dalam internet yang dapat disalahgunakan. (http://biroe88.cahbag.us)
- tersebarnya data seseorang, dengan menggunakan facebook dan lain sebagainya. Data-data tentang kita dapat tersebar dan diketahui oleh banyak orang.


6.    System operasi local
-Garuda OS


7.    Perbedaan
-KDE adalah  lingkungan desktop (desktop environment) dan platform pengembangan aplikasi yang dibangun dengan toolkit Qt dariTrolltech. Sedangkan, gnome adalah adalah lingkungan desktop dan antarmuka grafik pengguna yang berjalan di atas sistem operasi. GNOME secara keseluruhan terdiri dari perangkat lunak bebas dan gratis.


8.    Buka windows explorer
Kemudian klik new folder diatas menu
Lalu muncul folder baru, kemudian namai foldernya dengan nama downoald.



9.   Perbedaan antara hibernate dengan susupend


Hibernate

§  Disebut juga  suspend to disk
§  Menyimpan seluruh isi RAM (termasuk data dan program yang sedang berjalan) kedalam partisi swap
§  Saat Hibernate komputer akan mati sama sekali, baru ketika komputer dinyalakan seluruh isi RAM akan diload kembali, termasuk program-program yang sebelumnya sedang berjalan
§  Untuk keluar dari mode hibernate harus dengan menekan tombol power (menyalakan ulang komputer)

Suspend

§  Disebut juga suspend to RAM atau sleep mode
§  Seluruh isi RAM (termasuk data dan program yang sedang berjalan) tidak dipindahkan ke swap
§  Saat Suspend komputer masih tetap mengunakan sedikit daya baterai untuk membuat RAM tetap aktif.
§  Kalau komputer mati dalam keadaan Suspend, maka bisa dipastikan Anda akan kehilangan isi RAM yang termasuk data-data, dan program yang berjalan
§  Untuk keluar dari mode suspend, cukup dengan menekan tombol di keyboard atau menggerakkan mouse saja.


Bedanya dari suspend dan hibernate, kalau hibernate itu sama dengan shutdown, artinya saat computer atau laptop kita di hibernate maka computer akan otomatis mati, seluruh program harus tertutup semua saat computer atau laptop kita di hibernate. Dan untuk menyalakannya harus dengan menekan tombol power. Sedangkan, kalau suspend itu sama dengan sleep, artinya saat computer atau laptop kita di sleep, maka computer akan berhenti aktivitas kerjanya tanpa di hibernate dan tanpa menutup suatu program. Untuk keluar dari mode suspend juga tidak perlu menekan tombol power, melainkan hanya menggerakkan mouse atau tombol di keyboard.


10. -Bagian-bagian dari X-Window yang saling bekerja sama untuk menampilkan GUI
1.    Dasar sistem window, program yang menyediakan layanan untuk sistem X-window
2. X network protocol, protokol yang digunakan untuk berkomunikasi lewat jaringan
3. Xlib, interface tingkat rendah. Bagian utama yang mengimplementasikan X Netwotk protocol antara sistem jaringan dengan program-program tingkat tinggi
4. Window manager, menghubungkan ketiga bagian di atas. WIndow manager adalah aplikasi X yang berfungsi untuk mengatur bagaimana window ditampilkan kepada pengguna.
(pink.sulistyo.wordpress.com)


11. Kegunaan alat-alat teknologi informasi dan komunikasi dalam dunia:
a.     Pendidikan
*      memajukan dunia pendidikan dari segi mutu dan kualitas. Pemerintah memasukkan pelajaran teknologi informasi dan komunikasi menjadi pelajaran wajib bagi SMP/MTS dan SMA.
*      Siswa dapat mengakses internet sehingga siswa dapat mengunduh  buku pelajaran gratis (e-book).
*      Siswa juga dapat memperoleh informasi yang lebih luas atau lebih banyak karena siswa dapat browsing di internet, siswa dapat membuka web yang ada hubungannya dengan pendidikan di sekolah.
(Buku Teknologi Informasi dan Komunikasi kelas 7 BSE Reynold).
*      Perpustakaan Online : adalah perpustakaan dalam bentuk digital yanmgditempatkan di Internet. Pelajar atau mahasiswa dapat mengakses sumber-sumber ilmu dengan cara mudah tanpa dibatasi jarak dan waktu.
*      Diskusi Online : adalah diskusi yang dilakukan di internet
*      Kelas Online : dapat digunakan bagi lembaga-lembaga pendidikan jarak jauhseperti UT,SMP Terbuka.
*      Dapat mengakses informasi-informasi hasil penelitian orang lain
*       Akses sumber pengetahuan dan Akses ke para ahli dapat dilakukan dengan lebih mudah  menjadi lebih mudah. 
*      Materi-materi pelajaran disampaikan secara interaktif dan menarik. 
*      Melalui belajar jarak jauh kendala biaya dan waktu dapat dibatasi dengan kelas online.
*      dapat memberikan layanan yang lebih baik kepada siswa dapat menjangkau pelajar atau mahasiswa yang berada di tempat lain
*      Biaya menyediakan buku-buku dapat dikurangi. Hal itu dikarenakan telah ada buku elektronik yang tidak butuh di print menggunakan kertas.
*      dapat saling berbagi sumber ilmu dengan institusi lain. (scribd.com)
*      program e-learning
Secara sederhana e-learning dapat difahami sebagai suatu proses pembelajaran yang memanfaatkan teknologi informasi berupa komputer yang dilengkapi dengan sarana telekomunikasi (internet, intranet, ekstranet) dan multimedia (grafis, audio, video) sebagai media utama dalam penyampaian materi dan interaksi antara pengajar (guru/dosen) dan pembelajar (siswa/mahasiswa). (http://yusti-arini.blogspot.com)


b.    Pemerintahan
*      Agar pekerjaan-pekerjaan aparat yang bertugas bisa menjadi terarah dan spesifik. Sehingga masing-masing pekerjaan memiliki SOP dan pedoman yang akan menggiring kinerja para aparatur lebih efisien dan efektif. (yahooanswers)
*      E-governmentatau e-gov (electronic government) untuk meningkatkan hubungan pemerintah
*      Meningkatkan layanan kepada masyarakat, pelayanan tidak tergantung pada jam kantor.
*       Meningkatkan hubungan pemerintah dengan dunia usaha masyarakat.
*      Tersedia informasi yang lebih mudah diakses oleh masyarakat.
*      Hilangnya birokrasi yang selama ini menjadi momok dunia usaha.
(scribd.com)


12. Berbagai keuntungan yang diperoleh dari penggunaan alat-alat teknologi informasi dan komunikasi, antara lain :
- Kita dapat berkomunikasi dengan orang yang kita kenal atau keluarga kita meskipun keberadaannya sangat jauh dengan kita.
-Kita dapat memperoleh informasi, yaitu dengan melalui internet.
- Kita dapat mengetahui kabar atau berita terbaru (terkini).
- Dapat membantu dalam bidang pemerintahan.
- Membantu sebuah perusahaan dalam mengurus perusahaan tersebut.
-Mempermudah pengajaran.
-Kita dapat membagikan ilmu yang telah kita peroleh.
-Dapat memperoleh lowongan pekerjaan.
-Kita dapat melakukan pendaftaran (contohnya : pendaftaran sekolah SMP) bisa dilakukan lewat internet.
- Mendapatkan barang yang kita inginkan dengan cepat.
- Membantu kita dalam mengerjakan sebuah tugas dan lain sebagainya.
-Mempercepat kita dalam mengerjakan sesuatu.
-Dokumen yang telah kita buat atau file kita dapat tersimpan dan takkan berubah meskipun dalam jangka waktu yang lama.
- Dapat memasang iklan.


12.  3 Dampak negatif Teknologi informasi dan komunikasi
- Tersebarnya data seseorang,
Kita tentu mengetahui bahwa sebelum menggunakan facebook kita harus mengisi data-data terlebih dahulu. Hal itu, sebenarnya dapat menyebabkan data-data kita menjadi tersebar dan diketahui oleh publik. Yang ditakutkan adalah ketika seseorang ingin berbuat jahat kepada kita dan ia mengetahui data-data kita, maka dengan mudah ia dapat melakukan suatu tindak kejahatan pada kita.
-Terkena penyakit
Kita tentunya sudah tahu bahwa jika kita terlalu sering menggunakan laptop, HP, menonton TV, dan lain sebagainya. Tentunya kita dapat terkena penyakit. Salah satu contohnya adalah penyakit mata.
-Kesalah pahaman memperoleh informasi
Memang banyak sekali perlatan teknologi informasi dan komunikasi yang bermanfaat sekali bagi kita dalam memperoleh informasi dan informasinyantentu akurat. Namun, terkadang ada juga informasi yang kita dapat salah dan tidak akurat.
-Pornografi
Dalam internet, kita sangat mudah menemukan video maupun gambar-gambar porno.

Cara mengatasinya, antara lain :
*      Tidak menggunakan alat teknologi informasi dan komunikasi terlalu sering kecuali jika memang benar-benar memerlukan.
*      Tidak mengisi data kita di akun kita secara lengkap. Isilah data yang memang diwajibkan saja.
*      Memahami dengan betul informasi yang kita dapat di internet.
*      Mengetahui mana perbuatan yang baik dan mana perbuatan yang buruk.


14. Pengertian ROM-BIOS
suatu himpunan dari chip yang berisi bagian dari sistem operasi yang mana dibutuhkan pada saat komputer dinyalakan. berisi program dasar system komputer yang mengatur / menyiapkan semua peralatan / komponen yang ada dalam komputer saat komputer dihidupkan.



15. Jenis tampilan kalkulator yang disediakan oleh sistem operasi Linux, yaitu:

*      Kalkulator Basic.
Bentuk kalkulator basic sangat sederhana, yaitu hanya terdiri dari tombol angka 0 sampai dengan 9. Lambang perhitungan-nya juga sederhana, yaitu: Plus (+) untuk penjumlahan, Minus (-) untuk pengurangan, Kali (x) untuk perkalian, dan Bagi (÷) untuk pembagian.
Jika ingin menampilkan hasil perhitungan, maka digunakan-nya tombol sama dengan (=). Jenis bilangan positif atau negatif, ditentukan dengan mengklik tombol plus minus (±). Dan untuk menghapus data atau membersihkan layar dapat digunakan tombol Bksp atau CE atau Clr.
*      Kalkulator Advanced.
*      Kalkulator Financial.
*      Kalkulator Scientific.


16. 4 theme yang disediakan oleh Linux Ubuntu
*      Scenes
*      Landscapes
*      Nature
*      Architecture

17. 4 jenis alat storage yang digunakan untuk menyimpan file
Ada 4 bagian didalam primary storage, yaitu :
à         Input Storage Area        : Untuk menampung data yang dibaca
à         Program Storage Area    : Penyimpanan instruksi-instruksi untuk pengolahan
à         Working Storage Area    : Tempat dimana pemrosesan data dilakukan
à         Output Storage Area      : Penyimpanan informasi yang telah diolah untuk sementara
                                                 waktu sebelum disalurkan ke alat-alat output


Berdasarkan hilang atau tidaknya berkas data atau berkas program didalam storage kita kenal:
  • Volatile Storage
Berkas data atau program akan hilang bila listrik dipadamkan.
  • Non Volatile Storage
Berkas data atau program tidak akan hilang sekalipun listrik dipadamkan.



18. 5 ekstensi file video yang biasa dijalankan oleh komputer

*.WMV
Windows Movie file, merupakan ekstensi default Windows yang memuat video dengan kualitas yang tak menentu (tergantung pada fps).
*.mp4
*.avi
Sering digunakan pada kualitas DVDRip dan R5 dan sering digunakan pada sistem operasi Windows.
*.mkv
Matroska video file, merupakan ekstensi file yang menyimpan ukuran yang mini. Rata-rata mempunyai daya tampil hampir setara dengan *.avi dan juga biasa memuat film berkualitas CAM, TS, dsb.
*Flv


19. Caranya mudah sekali, kita tinggal memilih folder mana yang akan diganti namanya. Kemudian, kita klik kanan, lalu kita pilih rename, kemudian ketik nama folder dengan nama yang kita inginkan, lalu tinggal di tekan enter.


20. Proses menyimpan file di dalam program Text Editor
Untuk  menyimpan  data  ke  file  di  dalam  program  Visual  Basic  dapat
dilakukan dengan membuka file untuk keperluan menyimpan atau menulis ke file:
Open Nama_File For Output As #1
Saat file dibuka dengan cara semacam ini, maka file hanya bisa ditulisi dan bila file
tersebut sudah ada isinya sebelumnya, maka dianggap hilang. Atau dengan kata lain
file selalu dianggap baru. Cara menyimpan file semacam ini menghasilkan file yang
bersifat file text, sehingga bisa dibaca oleh text editor seperti notepad, wordpad atau
microsoft word.    Modul Pemrograman Dengan Visual Basic 3
Setelah   file   dibuka,   langkah   berikutnya   untuk   menyimpan   data   dalan
variabel ke file dapat dilakukan dengan:
Print #1, nama_variabel
Contoh Aplikasi 9.1:
Menyimpan  data  dalam  buku  tamu  ke  dalam  file  pegawai.txt,  yang  isinya  adalah
nama, alamat, dan nomor telepon. Contoh datanya adalah:
Nama  Alamat  No. Telp
Basuki Semolowaru Utara Surabaya 081331344000
Widya Semolowaru Elok Surabaya 0317810870
Dian Mulyosari Selatan Surabaya 0811235623
Teguh Arif Rahman Hakim 10A Surabaya 0315991010
Rizki Keputih II/56 Surabaya 0315943201
Langkah-langkah pembuatannya adalah:
(1) Buat  project  baru  dengan  StandardEXE.  Untuk  form1,  isi  property  [Name]
dengan formLatihan91.
(2) Tambahkan  komponen-komponen  label,  textbox,  listbox  dan  command  button.
Atur tampilannya
(3) Pada jendela code, tambahkan kode program berikut.
Dim Ndata As Integer
Dim nama(100), alamat(100), notelp(100) As String
Private Sub Command1_Click()
'Mengambil data dari komponen text
Ndata = Ndata + 1
nama(Ndata) = Trim(Text1)
alamat(Ndata) = Trim(Text2)
notelp(Ndata) = Trim(Text3)
'Menampilkan ke listbox
kalimat = nama(Ndata) & " : " & alamat(Ndata)
'Menampilkan ke listbox
kalimat = nama(Ndata) & " : " & alamat(Ndata)
kalimat = kalimat & " : " & notelp(Ndata)
List1.AddItem kalimat
'Kosongkan text
Text1 = ""
Text2 = ""
Text3 = ""
'Letakkan pointer di Text1
Text1.SetFocus   End Sub
Private Sub Command2_Click()
'Buka File untuk menyimpan data
namafile = App.Path & "\pegawai.txt"
Open namafile For Output As #1
'Menyimpan semua data
For i = 1 To Ndata
Print #1, nama(i), alamat(i), notelp(i)
Next i
'Menutup file
Close #1
End Sub
Private Sub Form_Load()
Ndata = 0
List1.Clear
End Sub
Perhatikan  pada  bagian  mengambil  data  dari  text  terdapat  fungsi  Trim  yang
berguna  untuk  membersihkan  spasi  sebelah  kiri  dan  kanan  dari  suatu  teks.
Perhatikan pada namafile ada perintah App.Path  yang arti file diletakkan pada
folder sama dengan program aplikasinya.
(4) Simpan project dengan nama projectLatihan91. Jalankan program dan isi semua
data  yang  diminta.  Setelah  itu  tekan  tombol  [Simpan  ke  File].  Hasilnya  adalah
file pegawai.txt yang berada pada folder dimana program disimpan.
(5) Buka file pegawai.txt menggunakan NotePad.



No comments:

Post a Comment